STRUCTURE OF REPORTS ( Kerangka Laporan )


Sebelumnya saya telah membahas tentang cara membuat sebuah laporan presentasi yang baik , dimana laporan adalah sebuah penyataan untuk menjelaskan penemuan sebuah penelitian. Laporan biasanya hasil rangkuman secara formal dari sebuah investigasi ataupun observasi. Laporan dapat di buat singkat, hanya satu halaman, atau bisa dalam bentuk yang sangat panjang. 

Berikut ini struktur/kerangka dari sebuah laporan :

1.       Judul atau Judul Halaman ( Title or Title Page )

Secara umum judul halaman memiliki empat bagian utama :

1.       Judul laporan ( Title of the report )

2.       Nama orang atau organisasi yang menerima laporan ( name of person or organization receiving the report )

3.       Nama orang atau organisasi yang membuat laporan (name of person or organization who authored the report )

4.       Tanggal pembuatan laporan (Date the report was submitted).

Example :



1.       Table of Content ( Daftar Isi )

Table of content (daftar isi) adalah sebuah table informasi yang terletak di dalam laporan. Setiap item di dalam isi harus mewakili nomor halaman yang menunjukan dimana nomor halaman yang terdapat hanya pada awal topic.

2.       Ringkasan Bisnis atau Rancangan Bisnis ( Executive Summary )

Ringkasan (summary) berisi  sebuah ringkasan mengenai keseluruhan isi laporan, termasuk juga kesimpulan atau rekomendasi. Ringkasan Bisnis dapat dihapuskan dalam sebuah laporan singkat. Bagi siswa SMK,  Ringkasan bisnis dari sebuah laporan singkat dapat berisi hanya satu atau dua alinea.

 

Contoh, “This report was intended to find new opportunities for facilities in our school”.   “Laporan ini dimaksudkan untuk menemukan peluang baru bagi fasilitas di sekolah kita”.

 

Bagian-bagian dari ringkasan laporan bisnis :

 

a.       Introduction or Background ( Latar belakang laporan/Perkenalan )

Perkenalan ( introduction ) berisi mengenai konteks, sehingga pembaca mampu memahami apa yang ada di laporan.  Hal ini menjelaskan tujuan dan scope dari laporan tersebut. Tujuan  dari pengenalan adalah untuk menjelaskan  mengapa laporan tersebut ditulis, apa masalah yang dimaksudkan dalam laporan tersebut ditujukan atau keadaan yang sedang di hasilkan pada laporan. Scope ( ranah ) menjelaskan tentang luas dan batasan dari laporan. Hal ini memberitahukan pembaca mengenai aspek khusus apa dari masalah yang akan di diskusikan.

 

Sebagai contoh :

 

This report aims to determine what additional entertainment options can be introduced for young people in Krobokan,. Currently high school students have few opportunities to meet their friends and practice English. The method of research used is extensive interviewing with local businessmen, community, leaders, parents, students, and teachers.

 

Laporan ini bertujuan untuk menentukan pilihan hiburan tambahan apa yang dapat diperkenalkan untuk kaum muda di Krobokan ,. Saat ini siswa sekolah menengah hanya memiliki sedikit kesempatan untuk bertemu teman dan berlatih bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara ekstensif dengan pengusaha lokal, masyarakat, pemimpin, orang tua, siswa, dan guru.

 

b.      Main body of Report ( Discussion ) – Badan Utama Laporan

Bagian besar dari laporan disebut  “badan”. Badan laporan berisi informasi mengenai masalah yang difokuskan pada laporan. Fakta dan detil dari laporan dijelaskan di dalam paragram yang tersusun. Biasanya menggunakan tajuk  dalam Badan Utama nya.

 

c.       Kesimpulan dan Rekomendasi

Kesimpulan adalah hasil logis dari informasi yang disajikan dalam laporan. Rekomendasi sering kali disertakan atau langsung mengikuti kesimpulan.

 

                  Contoh : 

In conclusion, our extensive research has determined that Rantepao town is too small to support a new amusement arcade and cinema complex. However, building a new football field and sports center is a smart option. The writers recommend that high -school students start fund raising activities soon, to raise money to build the sports center and football field.

 

d.       References ( Referensi )

Bagian referensi adalah daftar dari buku-buku, jurnal, dan informasi dari sumber lain yang digunakan untuk dikumpulkan dalam laporan.

e.      Appendices ( lampiran )

Lampiran termasuk kepada semua materi pendukung berhubungan dengan laporan. Secara umum lampiran-lampiran termasuk pada materi yang menyediakan informasi tambahan yang akan menjadi bertambah bersama laporan.

 

 
close